Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DAMPAK PERNIKAHAN BEDA USIA JAUH TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus Desa Kampung Baru Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat)

RAUDATUL HIKMAH, - (2024) DAMPAK PERNIKAHAN BEDA USIA JAUH TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus Desa Kampung Baru Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)

Abstract

Pernikahan adalah persyaratan pembentukan sebuah keluarga. Dalam Islam, pernikahan dapat dirumuskan sebagai suatu ikatan lahir dan batin antara seorang laki-laki dan seorang perempuan dengan persetujuan keduanya yang dilandasi cinta dan kasih sayang. Di dalam pernikahan, setiap individu berhak memilih pasangan meskipun terdapat beberapa perbedaan termasuk di antaranya terkait perbedaan umur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pernikahan beda usia jauh terhadap keharmonisan keluarga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berlokasi di Desa Kampung Baru, Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi. Subjek penelitian ini adalah pasangan suami istri yang memiliki perbedaan umur dengan rentang 5-15 tahun. Objek penelitian ini adalah dampak pernikahan beda usia jauh antara suami dan istri di Desa Kampung Baru, Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi. Penelitian ini menyimpulkan : pertama, dampak umur terhadap keharmonisan keluarga dapat dilihat dari tingkat kestabilan emosi masing-masing individu. Kedua, dalam upaya menjaga keharmonisan keluarga yaitu adanya saling pengertian, saling menjaga keutuhan dan keharmonisan rumah tangga dengan melakukan hak dan kewajiban masing-masing. Kata kunci : Keharmonisan, Keluarga, Perbedaan Umur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMARDIANA, M.A, -2010047401mardiana@uin-suska.ac.id
Thesis advisorDr. KASMIDIN, Lc., M.Ag, -2017086801kasmidinarabiy@gmail.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 Mar 2024 00:52
Last Modified: 21 Mar 2024 00:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78121

Actions (login required)

View Item View Item