Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PARAWISATA DINAS PARAWISATA PROVINSI RIAU PADA PROGRAM FESTIVAL SUBAYANG DI KABUPATEN KAMPAR

AFLAHAINI HARAHAP, - (2024) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PARAWISATA DINAS PARAWISATA PROVINSI RIAU PADA PROGRAM FESTIVAL SUBAYANG DI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AFLAHAINI HARAHAP.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : AflaHaini Harahap Program Studi : Ilmu Komunikasi Judul : Implementasi Komunikasi Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Riau pada Program Festival Subayang di Kabupaten Kampar Berdasarkan perkembangan potensi pariwisata provinsi Riau yang semakin terarah dan maju, maka peran Dinas Pariwisata Provinsi Riau menjadi faktor penting dalam memaksimalkan potensi wisata. Dinas pariwisata sukses mempromosikan berbagai destinasi seni wisata dan kuliner di wilayah Riau. Salah satunya yaitu festival Subayang merupakan salah satu objek wisata unggulan di Provinsi Riau yang tahun lalu terpilih masuk dalam karisma Event Nusantara dalam ajang apreiasi untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).yang bertujuan untuk menjaga alam dan melestarikan budaya dan dimeriahkan oleh acara unik dan menarik sehingga perlu dipromosikan untuk dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Festival Subayang juga diselenggarakan dengan tujuan melestarikan budaya lokal untuk generasi mendatang melestarikan seni dan kearifan lokal yang merupakan keseimbangan peradaban. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara secara langsung observasi dan dokumentasi. Temuan dalam riset ini adalah dengan mendeskripsikan pelaksanaan komunikasi pariwisata berdasarkan teori komunikasi yang mana dalam prosesnya menjalankan empat langkah penting yaitu: pemasaran, aksesibilitas, destinasi ,SDM dan kelembagaan. Dalam pelaksanaannya pihak Dinas pariwisata provinsi Riau dapat memahami faktor-faktor yang menjadi daya tarik utama dan keunggulan yang dapat menarik minat pengunjung, serta memiliki pemahaman yang baik tentang strategi pemasaran. Dinas pariwisata provinsi Riau juga aktif melakukan peningkatan dalam hal aksesibilitas yang mempermudah perjalanan wisatawan ke festival Subayang mereka juga terus menjalin kerjasama yang erat dalam mengembangkan program festival sebayang. Kata Kunci: Implementasi, Komunikasi Pariwisata, Festival Subayang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMardhiah Rubani, M. Si, -2002037901mardhiah.rubani@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:40
Last Modified: 19 Mar 2024 06:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78110

Actions (login required)

View Item View Item