Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS RESEPSI MAHASISWA PSIKOLOGI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU PADA FENOMENA CHILDFREE DI MEDIA SOSIAL

HUMAIRAH SALSABILA, - (2024) ANALISIS RESEPSI MAHASISWA PSIKOLOGI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU PADA FENOMENA CHILDFREE DI MEDIA SOSIAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HUMAIRAH SALSABILA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Humairah Salsabila Program Studi : Ilmu Komunikasi NIM : 12040320277 Judul : Analisis Resepsi Mahasiswa Psikologi Uin Sultan Syarif Kasim Riau Pada Fenomena Childfree Di Media Sosial Fenomena bebas anak ini baru muncul belakangan dan menuai banyak pro dan kontra. Childfree bisa dikatakan seseorang yang secara sadar memilih untuk tidak hamil dan melahirkan anak. Mereka juga tidak mau mengadopsi, mengadopsi anak asuh, atau memperoleh anak dengan cara lain. Ada begitu banyak alasan pasangan untuk melakukan childfree. Hal ini menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen di berbagai media sosial. Pada generasi sekarang, hal ini hampir dianggap biasa, namun tetap saja tidak semua orang Indonesia setuju akan hal ini. Mereka menyuarakan pendapatnya di media sosial. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini guna untuk mengetahui bagaimana khalayak memaknai pesan yang disampaikan melalui berbagai platform media, bagaimana khalayak merespons terkait fenomena diatas tentang Childfree tersebut. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu berupa data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara mendalam, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori resepsi Stuart Hall yang membagi pemaknaan khalayak ke posisi dominan hegemoni, negosiasi dan oposisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa informan USM, MR dan STF berada pada posisi dominant hegemonic dimana mereka menerima secara penuh pesan pada media, lalu informan MZ, TR, FM dan HFZ berada pada posisi negotiated atau negosiasi dimana mereka dapat menerima pesan yang disampaikan oleh media tetapi dapat juga menyangkal pesan tersebut dan informan SM berada pada posisi oppositional dimana posisi ini menolak seluruh isi pesan yang disampaikan media dan mengubah pemaknaan nya secara alternatif. Kata kunci : Analisis resepsi, Childfree, Media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMardiah Rubani S.Ag., M.Si, -2002037901mardiah.rubani@uin-suska.ac.id
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:20
Last Modified: 19 Mar 2024 06:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78105

Actions (login required)

View Item View Item