Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

BAGI-HASIL ( SIBATTIANG ) PADA PERKEBUNAN KELAPA MASYARAKAT TANAH MERAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU ( PENDEKATAN ETNOGRAFI )

FURQAN RIFAI, - (2024) BAGI-HASIL ( SIBATTIANG ) PADA PERKEBUNAN KELAPA MASYARAKAT TANAH MERAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU ( PENDEKATAN ETNOGRAFI ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK BAGI-HASIL ( SIBATTIANG ) PADA PERKEBUNAN KELAPA MASYARAKAT TANAH MERAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU (Pendekatan Etnografi) OLEH FURQAN RIFAI NIM. 11970312931 Penelitian berjudul BAGI-HASIL ( SIBATTIANG ) PADA PERKEBUNAN KELAPA MASYARAKAT TANAH MERAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU. Yang bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan sistem bagi-hasil (SIBATTIANG) pada perkebunan kelapa masyarakat di Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. SIBATTIANG merupakan sebuah model bagi-hasil yang memberikan bagian hasil produksi kepada pemilik lahan, penggarap dam toke perkebuna kelapa.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara informan, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIBATTIANG pada perkebunan kelapa di Tanah Merah memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan usaha perkebunan. Adanya keadilan distribusi hasil produksi antara pemilik lahan, penggarap dan toke perkebunan telah meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan perkebunan. Selain itu, sistem ini juga memberikan dampak positif terhadap peningkatan produktivitas dan efisiensi dalam pengelolaan perkebunan kelapa.Penelitian ini memberikan kontribusi pemahaman lebih mendalam tentang bagaiman masyarakat Tanah Merah kabupaten Indagiri Hilir Riau dalam melakukan bagi- hasil ( SIBATTIANG ) dalam konteks perkebunan kelapa masyarakat. Dari temuan sistem bagi hasil ini dapat menjadi landasan bagi indtansi maupun organisasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani perkebunan di Tanah Merah. Kata Kunci : Bagi-Hasil , Sibattiang, Perkebunan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHARKANERI, SE., MSA., Ak., CA., -2017088102harkaneri@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 301 Sosiologi dan Antropologi, Manusia, Masyarakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:42
Last Modified: 19 Mar 2024 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78102

Actions (login required)

View Item View Item