Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENEMUKAN DIMENSI ESOTERIS DALAM AYAT 34 SURAT AN-NISA’ (STUDI TAFSIR LATHAIF ISYARAT AL-QUSYAIRI)

FERDI AGUSTRIAN, - (2024) MENEMUKAN DIMENSI ESOTERIS DALAM AYAT 34 SURAT AN-NISA’ (STUDI TAFSIR LATHAIF ISYARAT AL-QUSYAIRI). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Menemukan Dimensi Esoteris Dalam Ayat 34 Surat An-Nisa’ (Studi Tafsir Lathaif Isyarat Al-Qusyairi)” yang bertujuan untuk menemukan pemahaman dimensi esoteris dalam ayat 34 surat An-nisa‟ berdasarkan pandangan Al-Qusyairi dalam tafsirnya Lathaif Isyarat. Latar belakang penelitian ini muncul seiring dengan meningkatnya insiden kekerasan dalam rumah tangga, terutama yang melibatkan perempuan sebagai korban. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penafsiran QS. An-Nisa ayat 34 menurut Imam Al-Qusyairi dalam kitab tafsir Lathaif Isyarat. 2. Bagaimana Relevansi pemahaman dimensi esoteris dalam QS. An-Nisa ayat 34 dalam konteks kehidupan rumah tangga masa kini. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian kepustakaan (Library Reseach) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Imam Al-Qusyairi menjelaskan bahwa QS. An-Nisa ayat 34 menggambarkan bahwa laki-laki diberi kekuatan atau kelebihan khusus oleh Allah yang diikuti dengan beban sesuai kemampuan dan kekuatannya. Konsep “memukul” dalam ayat tersebut berarti bukanlah tindakan fisik atau psikis, melainkan ekspresi dari hati dan perasaan. Lanjut al-Qusyairi menekankan bahwa dalam menghadapi perilaku buruk istri (nusyuz), pendekatan yang dianjurkan adalah dengan berlemah lembut, memberikan nasihat, dan menggunakan kasih sayang dalam mendidiknya. Nilai-nilai sufi seperti kesadaran akan kekuatan batin, penguasaan hati dan perasaan, kasih sayang, dan kesadaran akan perubahan memiliki relevansi dalam konteks kehidupan rumah tangga saat ini. Kesimpulan tersebut menekankan pentingnya nilai-nilai tasawuf dalam memberikan pelajaran dan membimbing bagi pasangan suami istri dalam membangun hubungan yang sehat dan berdasarkan pemahaman spiritual yang mendalam. Kata Kunci:Dimensi Esoteris, An-Nisa 34, Al-Qusyairi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. H. HIDAYATULLAH ISMAIL, Lc, MA.,, -2017127904hidayatullahismail74@gmail.com
Thesis advisorJANI ARNI S. Th.I., M.Ag.,, -2017018201jani.arni@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 19 Mar 2024 00:54
Last Modified: 19 Mar 2024 00:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78100

Actions (login required)

View Item View Item