MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY SD NEGERI 039 AIR TERBIT KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Sulis Ernawati, (2012) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY SD NEGERI 039 AIR TERBIT KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201274.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 039 Air Terbit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran kooperatif dengan teknik Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA materi bumi dan alam semesta di SD Negeri 039 Air Terbit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terbagi atas 13 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan teknik Two Stay Two Stray untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi bumi dan alam semesta Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I, dan siklus II. Pada siklus I keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi “Tinggi”, dengan skor 93 berada pada rentang 70 – 104. Walaupun keaktifan belajar siswa tergolong tinggi, namun persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I masih mencapai 66,43% atau belum mencapai 75% sebagai suatu keberhasilan penelitian. Sedangkan siklus II keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi “Sangat Tinggi”, dengan skor 118 berada pada rentang 104 – 118. Kemudian keaktifan belajar siswa pada siklus II ini telah mencapai 84,29% atau telah mencapai 75% sebagai suatu keberhasilan penelitian. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan teknik Two Stay Two Stray, dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi bumi dan alam semesta di kelas V SD Negeri 039 Air Terbit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:22
Last Modified: 21 Sep 2016 13:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7810

Actions (login required)

View Item View Item