Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI INOVASI PROGRAM PEDANG TIGO DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KOTA BUKITTINGGI UNTUK MENINGKATKAN TATA KELOLA UMKM

VARRADILA WULANDARI, - (2024) KOMUNIKASI INOVASI PROGRAM PEDANG TIGO DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KOTA BUKITTINGGI UNTUK MENINGKATKAN TATA KELOLA UMKM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Varradila Wulandari Nim : 12040325964 Jurusan : Ilmu Komunikasi (Public Relation) Judul : Komunikasi Inovasi Program Pedang Tigo Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Kota Bukittinggi Untuk Meningkatkan Tata Kelola UMKM Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bukittinggi menerapkan inovasi Program PEDANG TIGO (Peningkatan Daya Saing Melalui Trigo) yang memberikan memudahkan pemasaran bagi para pelaku UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi inovasi Program PEDANG TIGO yang dianalisa berdasarkan 4 elemen difusi inovasi Everett M Rogers yaitu inovasi, saluran komunikasi, jangka waktu, dan sistem sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan dengan pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bukittinggi mendifusikan inovasi Program PEDANG TIGO kepada masyarakat terutama terhadap para pelaku UMKM dalam peningkatan tata kelolanya. Inovasi ini dibuat karena rendahnya daya saing UMKM yang ada di Kota Bukittinggi sehingga Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bukittinggi memberikan solusi terhadap permasalahan UMKM di Kota Bukittinggi yaitu tersedianya fasilitas yang memadai untuk proses pemasaran produk UMKM, terlaksananya kerjasama antar daerah untuk suplai bahan (pemasaran produk) dan juga memfasilitasi pemasaran produk UMKM melalui platform e-commerce. Saluran komunikasi menggunakan media massa berita online, media social, serta komunikasi interpersonal. Jangka waktu dimulai dari proses perencanaan hingga launching yaitu pada agustus 2022. Sistem sosial melibatkan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bukittinggi selaku agen perubahan, WaliKota Bukittinggi sebagai opinion leader, dan pelaku UMKM Kota Bukittinggi sebagai penerima inovasi dari Program PEDANG TIGO ini. Kata kunci : Komunikasi Inovasi, UMKM, Program PEDANG TIGO.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. MUHAMMAD BADRI, M.Si, -2013038101muhammad.badri@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:03
Last Modified: 19 Mar 2024 01:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78094

Actions (login required)

View Item View Item