Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA DI KELAS V SD NEGERI 011 GANTING KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Nuralipah Nahriati (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA DI KELAS V SD NEGERI 011 GANTING KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201273.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 011 Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi bumi dan alam semesta di Kelas V SD Negeri 011 Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang yang terbagi atas 9 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Concept Attainment untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi bumi dan alam semesta di Kelas V SD Negeri 011 Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I, dan siklus II. Pada siklus I ini keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi “Tinggi”, dengan skor 49 berada pada rentang 40 – 59. Walaupun keaktifan belajar siswa tergolong tinggi, namun persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I masih mencapai 61,25% atau belum mencapai 75% sebagai suatu keberhasilan penelitian. Sedangkan siklus II keaktifan belajar siswa berada pada klasifikasi “Sangat Tinggi”, dengan skor 66 berada pada rentang 60 – 88. Kemudian keaktifan belajar siswa pada siklus II ini telah mencapai 82,50% atau telah mencapai 75% sebagai suatu keberhasilan penelitian. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan model pembelajaran Concept Attainment, dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi bumi dan alam semesta di Kelas V SD Negeri 011 Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:21
Last Modified: 21 Sep 2016 13:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7809

Actions (login required)

View Item View Item