Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Transformasi Pondok Pesantren di Era Digital di Kabupaten Kampar: Implementasi Peraturan Menteri Agama Nomor 30 Tahun 2020

Kholid Junaidi, - (2024) Transformasi Pondok Pesantren di Era Digital di Kabupaten Kampar: Implementasi Peraturan Menteri Agama Nomor 30 Tahun 2020. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Kholid Junaidi_Tanpa Bab IV.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
Kholid Junaidi_Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Transformasi digital telah menjadi aspek penting dalam perkembangan masyarakat modern. Transformasi ini terlihat dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi pembelajaran berbasis digital di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadien Sumber Makmur di Kabupaten Kampar, Riau, dengan mengacu pada Peraturan Menteri Agama Nomor 30 Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan pengelola pondok pesantren, pengurus pondok, tim kreatif media dakwah, dan observasi langsung di pesantren. Data sekunder diperoleh dari kajian kepustakaan tentang transformasi teknologi komunikasi dakwah di pesantren. Implementasi pembelajaran berbasis digital di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadien Sumber Makmur telah mempengaruhi berbagai aspek. Terdapat peluang besar dalam mengadopsi dan mengintegrasikan teknologi dalam pendidikan pesantren, namun tantangan seperti infrastruktur teknologi yang terbatas, kompetensi digital yang masih perlu ditingkatkan, dan isu keamanan data menjadi kendala. Dampak penggunaan teknologi dalam pendidikan mencakup perubahan dalam metode pengajaran dan pembelajaran yang lebih efektif. Santri merespons positif perubahan ini, tetapi dampaknya pada pembentukan karakter memerlukan perhatian khusus. Transformasi digital dalam pendidikan pesantren adalah fenomena yang kompleks yang memerlukan upaya dan investasi yang berkelanjutan. Penyelarasan nasional, investasi dalam infrastruktur teknologi, pelatihan kompetensi digital, dan kebijakan keamanan data diperlukan untuk memaksimalkan manfaat dari transformasi ini. Implementasi pembelajaran berbasis digital di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadien Sumber Makmur mengikuti pedoman Peraturan Menteri Agama Nomor 30 Tahun 2020. Hal ini memunculkan peluang dan tantangan yang harus diatasi. Transformasi ini telah mempengaruhi pembelajaran dan kehidupan santri secara positif, tetapi perlu adanya upaya bersama dari berbagai pihak untuk memastikan kelangsungannya.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPROF. DR. H. MUNZIR HITAMI, MA., -2022045401munzir.hitam@uin-suska.ac.id
Thesis advisorDR. ZAITUN, M.Ag., -2010057201zaitun@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 379 Peraturan-peraturan Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:47
Last Modified: 18 Mar 2024 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78089

Actions (login required)

View Item View Item