Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE SYNERGETIC TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 031 KEMANG INDAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Nurwidatul Jannah (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE SYNERGETIC TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 031 KEMANG INDAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201264.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Berdasarkan hasil pengamatan di SD Muhammadiyah 031 Kemang Indah, ditemui beberapa gejalagejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar antara lain : Informasi yang peneliti peroleh bahwa hasil belajar siswa secara klaisikal atau rata-rata kelas baru mencapai 65, artinya nilai tersebut masih rendah dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Adapun Kriteria Ketuntasan Minimal yang di tetapkan adalah 70. Siswa terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas, hal ini terlihat bahwa lebih dari 70% (16 siswa ) dari 23 orang siswa jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. Faktor lain yang menyebabkan hasil belajar rendah diantaranya sulitnya siswa memusatkan perhatian sehingga siswa tidak mendapat informasi atau penyelesain dari teman kelompok ataupun guru dan kurangnya aktivitas siswa dalam membangun pengetahuan.. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka pada penelitian ini digunakan Strategi pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching dalam pelajaran PKn kelas V SD Muhammadiyah 031 Kemang Indah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah dengan penerapan Strategi pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi menghargai keputusan bersama siswa kelas V SD Muhammadiyah 031 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran PKn. Sebelum dilakukan tindakan rata-rata klesikal nilai siswa adalah 53,1%. Pada siklus I hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 64,8. Sedangkan pada siklus II juga terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan kategori baik dengan rata-rata persentase 75,3 dengan demikian penggunaan Strategi pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 031 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:17
Last Modified: 21 Sep 2016 13:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7807

Actions (login required)

View Item View Item