Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Darul Hikmah Pekanbaru

Hengki Yulhafiz Elva, - (2024) Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)

Abstract

ABSTRAK Hengki Yulhafiz Elva, (2024) : Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Darul Hikmah Pekanbaru Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi IPS di MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penilitian ini di latar belakangi oleh masih kurangnya sarana dan prasarana sekolah, keadaan lingkungan belajar yang kurang kondusif, masih ada beberapa siswa yang prestasi belajarnya dibawah KKM, dan pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa.Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas IX MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Populasi didalam penilitian ini merupakan siswa kelas IX MTs Darul Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 101 siswa yang terbagi 3 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX’C terdiri dari 30 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis uji Korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Bahwa pengaruh antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar Siswa mempunyai nilai sig yaitu 0,028 atau lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel lingkungan belajar dengan variabel prestasi belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di MTS Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar Siswa, IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. Hj, Devi Arisanti, M.Ag, -20278127901deviarisanty@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:08
Last Modified: 14 Mar 2024 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78067

Actions (login required)

View Item View Item