PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) PADA SISWA KELAS IV SDN 006 MUDA SETIA KECAMATAN BANDAR SEIKIJANG

Desi Suriani, (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) PADA SISWA KELAS IV SDN 006 MUDA SETIA KECAMATAN BANDAR SEIKIJANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201263.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 006 Muda Setia Kecamatan Bandar Seikijang ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya: Hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, hal ini terlihat dari nilai raport khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), hasil belajar siswa masih mencapai rata-rata kelas 56,30 atau mencapai di bawah nilai KKM yang telah ditetapkan yaitu 6.5. Siswa terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas terutama pada materi sistem pemerintahan pusat, hal ini terlihat bahwa lebih dan 70% siswa atau 18 orang siswa dari 26 siswa jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan penerapan strategi pembelajaran Peer Lessons dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada siswa kelas IV SDN 006 Muda Setia Kecamatan Bandar Seikijang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pelajaran PKN. Selanjutnya dari hasil penelitian pada data awal menunjukkan bahwa hasil belajar sebelum dilakukan tindakan dengan rata-rata 54„8%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata hasil belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I dengan rata-rata 64,2% artinya secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar terjadi peningkatan, selanjutnya pada siklus II juga terjadi, peningkatan dengan rata-rata 75,2% berada pada kategori tinggi. Dengan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Peer Lessons, dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas IV SDN 006 Muda Setia Kecamatan Bandar Seikijang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:15
Last Modified: 21 Sep 2016 13:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7806

Actions (login required)

View Item View Item