Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMA NEGERI PEKANBARU

ABDUL MALIK, - (2024) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMA NEGERI PEKANBARU. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
DISERTASI ABDUL MALIK.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Kota Pekanbaru, SMAN 9 Kota Pekanbaru dan SMAN 11 Kota Pekanbaru. Sampel penelitian ini adalah 115 responden dari total populasi 1.010 siswa. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan hasil: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 26,7% kompetensi pedagogik guru PAI (X1) terhadap hasil belajar PAI siswa SMAN Kota Pekanbaru (Y) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien regresi X1 sebesar 0,291yang berarti setiap penambahan 1% nilai kompetensi pedagogik guru PAI , maka hasil belajar PAI siswa SMAN Kota Pekanbaru bertambah 2,91%. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 26,6% Pendidikan Agama Dalam Keluarga (X2) terhadap hasil belajar PAI siswa SMAN Kota Pekanbaru (Y) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien regresi X2 sebesar 0,368 yang berarti setiap penambahan 1% nilai Pendidikan Agama Dalam Keluarga, maka hasil belajar PAI siswa SMAN Kota Pekanbaru bertambah 3,68%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 29,1% Motivasi Belajar (X3) terhadap hasil belajar PAI siswa SMAN Kota Pekanbaru (Y) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien regresi X3 sebesar 0,508 yang berarti setiap penambahan 1% nilai Motivasi Belajar, maka hasil belajar PAI siswa SMAN Kota Pekanbaru bertambah 5,08%. 4)Terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 46,4% pada kompetensi pedagogik guru PAI (X1) Pendidikan Agama Dalam Keluarga (X2) dan Motivasi Belajar (X3) secara simultan terhadap hasil belajar PAI siswa SMAN Kota Pekanbaru (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan Fhitung 33,881 > Ftabel 3,08. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Pendidikan Agama Dalam Keluarga, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorProf. Dr. H. MUNZIR HITAMI, MA, -2022045401munzir.hitami@uin-suska.ac.id
Thesis advisorDr. ZAMSISWAYA, M.Ag, -2021017002zamsiswaya@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:48
Last Modified: 08 Mar 2024 06:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78053

Actions (login required)

View Item View Item