Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI KOLOID

NOVA NURFATMASARI, - (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NOVA NURFATMASARI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)

Abstract

ABSTRAK Nova Nurfatmasari (2023) : Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Koloid Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kreatif siswa seperti penyampaian ide atau gagasan masih terbatas seperti siswa menjawab pertanyaan masih terpaku pada satu sumber buku atau penyampaian dari guru. Keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa salah satunya adalah keterampilan kemampuan berpikir kreatif yang sudah didukung dengan penerapan kurikulum 2013 dan salah satu upayanya adalah penggunaan model pembelajaran Project Based Laerning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model pembelajaran PjBL pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan jenis penelitian pre-experimental dengan one shot case study design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling , yaitu kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 33 siswa. Data kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh melalui instrumen tes essay dan observasi yang dianalisis untuk melihat profil tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa. Dari hasil yang diperoleh indikator yang tertinggi yaitu indikator berpikir lancar dengan kategori baik persentase sebesar 71,21%, indikator berpikir luwes dengan kategori sedang persentase sebesar 45,85%, berpikir orisinil dengan kategori sedang persentase sebesar 52,62% dan berpikir rinci dengan kategori baik persentase sebesar 48,47%. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, PjBL, Koloid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYuni Fatisa , M.Si, -2023067601yuni.fatisa@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:40
Last Modified: 08 Mar 2024 06:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78050

Actions (login required)

View Item View Item