Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT DENGAN MENGGUNAKAN POSTER DAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJARSISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

MHD. DANDY NASHARUDDIN, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT DENGAN MENGGUNAKAN POSTER DAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJARSISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)

Abstract

MHD. DANDY NASHARUDDIN (2023) : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT DENGAN MENGGUNAKAN POSTER DAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJARSISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan poster dan media kartu soal terhadap keaktifan belajar siswa Kelas XI mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan menggunakan desain posttest only control group design. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament dengan menggunakan poster dan media kartu soal terhadap keaktifan belajar siswa. Teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling dengan kriteria memiliki kemampuan sama atau mendekati sama berdasarkan nilai ujian tengah semester. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t dan uji effect size. Hasil analisis diperoleh bahwa persentase pencapaian keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 88,56% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 64,19%. Berdasarkan analisis uji-t dari nilai keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung > ttabel taraf signifikan 5% (1,666) dan 1% (2,378) atau 1,666 < 12,798 > 2,378, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan persamaan Dasar Akuntansi di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Kata Kunci: Kooperatif, Teams Game Tournament, Kartu dan Keaktifan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Mar 2024 07:19
Last Modified: 06 Mar 2024 07:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78039

Actions (login required)

View Item View Item