PERANAN HUMAS TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT JIWA TAMPAN PROVINSI RIAU

Yuni Asnidar Sikumbang, (2013) PERANAN HUMAS TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT JIWA TAMPAN PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201306KOM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau beroperasi sejak tanggal 5 Juli 1984, dan mulai tahun 2002 Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau telah ditetapkan sebagai Rumah Sakit Jiwa Daerah tipe A di bawah pemerintah Provinsi Riau. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini berawal masih banyak ditemukannya keluhan- keluhan masyarakat mengenai mutu pelayanan kesehatan yang mana merujuk pada ketidakpuasan. Fakta tersebut diperoleh dari hasil evaluasi Humas RSJ Tampan yang dilakukan pada Nopember 2011 lalu melalui pendistribusian angket serta sekumpulan saran tertulis yang dihimpun dari media kotak saran RS. Dengan melihat fungsi dasar humas sebagai teknisi lembaga dan berbekal pada uraian di atas, maka penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian mengenai masalah ini. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan humas terhadap mutu pelayanan kesehatan Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis data statistik dengan menggunakan alat bantu program SPSS (Statistic Package for Sosial Sciences) versi 13.0 for Windows. Sedangkan untuk melihat nilai hubungan antar variabel independen dan variabel dependen, penulis menggunakan correlations product moment .Dengan menggunakan teknik Available Sampling, maka populasi yang ditetapkan menjadi sampel sekaligus responden dalam penelitian ini adalah pasien perobatan umum (di luar gangguan jiwa) serta keluarga pasien yang melakukan dampingan kunjungan perobatan bagi pasien yang melakukan perobatan khusus kejiwaan yang berjumlah 75 orang. Jumlah ketetapan sampel diambil dari 10% jumlah populasi yang diambil dari rata-rata jumlah pasien dalam satu bulan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori informasi dengan model komunikasi simetris dua arah. Dengan teori ini, kita dapat melihat peranan Humas Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau terkait hubungannya dengan mutu pelayanan kesehatan yang diterima oleh pasiennya. Data-data yang diolah dengan menggunakan program SPSS menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,862 yang berada pada interval 0,800–1,00 yang berarti korelasi antara variabel X dan variabel Y sangat kuat. Besarnya koefisien determinasi atau R2 = 74,30%, hal ini menunjukkan pengertian bahwa mutu pelayanan kesehatan (variabel Y) dipengaruhi sebesar 74% oleh peranan humas (variabel X), sedangkan sisanya 26% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain. Dari uraian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa Hipotesis yang diterima adalah Ha dan Ho ditolak. Yang berarti Ha = Humas memiliki peranan yang signifikan terhadap mutu pelayanan kesehatan Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:11
Last Modified: 21 Sep 2016 13:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7802

Actions (login required)

View Item View Item