Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENCARI PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA MATERI PROSES PEMBENTUKAN TANAH SISWA KELAS V SDN 006 PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Mardiana (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENCARI PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA MATERI PROSES PEMBENTUKAN TANAH SISWA KELAS V SDN 006 PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201218.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Sains seperti nilai ulangan harian yang diperoleh siswa masih belum optimal, hal ini terlihat bahwa dari 30 siswa hanya 9 siswa atau 30% dari keseluruhan siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65 yang ditetapkan sekolah, siswa sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas, sebab hal ini terlihat bahwa lebih dari 50% dari jumlah siswa jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, sulitnya siswa memusatkan perhatian sehingga siswa tidak mendapat informasi atau penjelasan dari teman kelompok ataupun guru, masih banyak siswa yang masih belum aktif bekerjasama dalam kelompok, meneruskan tugas yang menjadi tanggung jawabnya dan siswa kurang berani dalam mengajukan pertanyaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA siswa kelas V SDN 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Sains. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Berdasarkan penilaian hasil belajar siswa belajar sains siswa sebelum tindakan ketuntasan klasikal hanya 30%, setelah ada perbaikan pada siklus I, maka terjadi peningkatan menjadi 63 %, namun angka ini belum mencapai nilai keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 75%, setelah dilakukan kembali perbaikan pada siklus II, maka, hasil belajar siswa dapat meningkat dengan mencapai ketuntasan klasikal 87%, artinya angka ini telah melebihi angka keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 21 Sep 2016 13:05
Last Modified: 21 Sep 2016 13:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7799

Actions (login required)

View Item View Item