Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PENYEDIAAN KEBUTUHAN AIR BERSIH DI DESA BATAS KECAMATAN TAMBUSAI KABUPATEN ROKAN HULU

Ari Azlan, Ari (2024) PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PENYEDIAAN KEBUTUHAN AIR BERSIH DI DESA BATAS KECAMATAN TAMBUSAI KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan peran pemerintah desa dan kendala dalam pemenuhan kebutuhan air bersih di desa Batas. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian kualitatif yang mana studi kasus dilakukan di Kabupaten Rokan Hulu Kecamatan Tambusai. Desa Batas merupakan salah satu desa yang terletak di Provinsi Riau, Sumatera, Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini memakai jenis deskriptif analisa yang merupakan pemaparan serta menjelaskan secara rinci bagaimana peran pemerintah desa dalam pemenuhan kebutuhan air bersih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pemerintah desa dalam pemenuhan kebutuhan air bersih telah terlaksana dengan baik. Hal ini di buktikan dengan adanya beberapa indikator yang pelaksanaannya sudah baik. Sedangkan untuk kendala pemerintah desa dalam pemenuhan kebutuhan air bersih ialah dikarenakan desa batas merupakan daerah dataran tinggi, tanah yang keras, dan tidak adanya sungai. Untuk dapat membantu pemerintah desa memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat dibutuhkan kerja sama antara masyarakat dengan Pemerintah Desa Batas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbdiana Ilosa, S.AP, M.PA, -2016078701abdiana@uin-suska.ac.id
Uncontrolled Keywords: Peran, Penyediaan, Air bersih.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362 Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 22 Feb 2024 06:09
Last Modified: 22 Feb 2024 06:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77978

Actions (login required)

View Item View Item