Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Muatan Pelajaran Kelas V Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) MI Aulia Cendekia Pekanbaru.

HASANA FADHILA PUTRI, - (2024) Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Muatan Pelajaran Kelas V Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
HASANA_removed.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
HASANA-68-113.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)

Abstract

ABSTRAK Hasana Fadhila Putri, (2024) : Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Muatan Pelajaran Kelas V Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan aktivitas siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahun Sosial (IPS) di kelas V MI Aulia Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjek penelitiannya adalah 1 guru dan 26 siswa, sedangkan objek penelitiannya adalah model pembelajaran Snowball Throwing dan aktivitas siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan pembelajaran melalui model snowball throwing dilakukan, nilai rata-rata aktivitas siswa hanya 60,1 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 79,5 dengan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 88,7 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas siswa pada muatan pelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas V MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Kata Kunci: Snowball Throwing, Aktivitas Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Feb 2024 05:01
Last Modified: 19 Feb 2024 05:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77946

Actions (login required)

View Item View Item