Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI NONVERBAL GURU DAN SISWA TUNAGRAHITA DALAM PEMBELAJAN DI SLB NEGERI PEMBINA KOTA PEKANBARU

TIARA NAFRINDIANI, - (2024) KOMUNIKASI NONVERBAL GURU DAN SISWA TUNAGRAHITA DALAM PEMBELAJAN DI SLB NEGERI PEMBINA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TIARA NAFRINDIANI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Tiara Nafrindiani NIM : 11940320147 Judul Skripsi : Komunikasi Nonverbal Guru dan Siswa Tunagrahita Dalam Pembelajaran Di SLB Negeri Pembina Pekanbaru Anak tunagrahita memiliki kecerdasan intelektual dibawah rata-rata, perkembangan kognitif mereka yang rendah sangat mempengaruhi kemampuan berkomunikasi dalam berinteraksi sosial. Anak tunagrahita mengalami hambatan-hambatan dalam berkomunikasi baik secara verbal maupun nonverbal sehingga menyebabkan gangguan dalam hubungan dengan orang lain. Komunikasi nonverbal adalah penciptaan dan pertukaran pesan dengan tidak menggunakan kata-kata, seperti berkomunikasi menggunakan gerak tubuh, vocal yang bukan kata-kata, kontak mata, ekpresi muka, kedekatan jarak dan sentuhan. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi komunikasi nonverbal antara guru dan siswa tunagrahita dalam konteks pembelajaran di SLB Negeri Pembina Pekanbaru. Penelitian kualitatif ini melibatkan observasi selama 8 kali pertemuan dan wawancara mendalam dengan 3 narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi nonverbal yang dilakukan guru dan siswa tunagrahita . Guru perlu memahami karakteristik individu siswa agar dapat menyesuaikan metode komunikasi nonverbal. Siswa tunagrahita ringan umumnya lebih mudah memahami bahasa lisan dan instruksi sederhana, namun mengalami kesulitan dengan komunikasi tertulis. Penggunaan gambar dan gerak tubuh efektif memfasilitasi pemahaman mereka. Pentingnya kesabaran, empati dan dukungan guru, serta pemanfaatan media pembelajaran visual ditunjukkan hasil studi ini. Secara keseluruhan, komunikasi nonverbal yang terfokus pada kebutuhan individu siswa tunagrahita dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Bentuk komunikasi nonverbal guru dan siswa sering terjadi berupa penggunaan media gambar, gesture tubuh, kontak mata, kontak fisik dan ekspresi wajah sehingga memudahkan komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan komunikasi guru yang holistik dan adaptif terhadap keragaman kemampuan siswa. Kata kunci : Komunikasi Nonverbal, Guru, Siswa Tunagrahita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 16 Feb 2024 07:46
Last Modified: 16 Feb 2024 07:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77934

Actions (login required)

View Item View Item