Mahyuni, Mahyuni (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SD ISLAM AL-HUSNAYAINI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada muatan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran everyone is a teacher here di Kelas V SD Islam Al-Husnayaini Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 25 orang siswa kelas V SD Islam Al-Husnayaini Pekanbaru. Objeknya adalah model pembelajaran everyone is a teacher here dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, di mana sebelum tindakan perbaikan dilakukan rata-rata pemahaman konsep siswa hanya 42 atau berada pada kategori pemahaman kurang. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran everyone is a teacher here pada siklus I pemahaman konsep siswa meningkat dengan rata-ratanya 59,4 atau tegolong pemahaman cukup. Pada siklus II pemahaman konsep siswa meningkat dengan rata-rata 81,6 atau tergolong pemahaman sangat baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 02:17 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 02:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77921 |
Actions (login required)
View Item |