Puteri Ayu Lestari Harahap, Puteri (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V UPTD SD NEGERI 04 ASAM JAWA KECAMATAN TORGAMBA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (926kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran discovery learning di kelas V UPTD SD Negeri 04 Asam Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 30 orang siswa kelas V UPTD SD Negeri 04 Asam Jawa dan objeknya adalah model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Hal tersebut tergambar pada grafik hasil belajar mereka, di mana nilai rata-rata tes pemahaman konsep siswa sebelum tindakan hanya mencapai 43,88 atau tergolong pemahaman kurang. Setelah menerapkan model pembelajaran discovery learning pada siklus I pemahaman konsep siswa meningkat dengan rata-rata 56,27 atau tergolong pemahaman cukup. Pada siklus II pemahaman konsep siswa meningkat dengan rata-rata 75,2 atau tergolong pemahaman baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Discovery Learning, Pemahaman Konsep |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 02:16 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 02:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77920 |
Actions (login required)
View Item |