Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V SD ISLAM AL-HUSNAYAINI PEKANBARU

Julia Ningsih, Julia (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS V SD ISLAM AL-HUSNAYAINI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berkomunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Islam Al-Husnayaini Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berkomunikasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 25 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Al-Husnayaini Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan keterampilan berkomunikasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. Hal ini dapat diketahui dari persentase keterampilan komunikasi siswa sebelum tindakan yaitu 50,14% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I keterampilan komunikasi siswa mencapai 69,62% dengan kategori cukup dan pada siklus II keterampilan komunikasi siswa meningkat menjadi 79,34% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Islam Al-Husnayaini Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Group Investigation, Keterampilan Komunikasi
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:21
Last Modified: 12 Feb 2024 02:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77919

Actions (login required)

View Item View Item