Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SD BABUSSALAM PEKANBARU

Rossyana Sri Wulandari, Wuland (2024) PENERAPAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SD BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model predict observe explain di kelas V SD Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjek penelitiannya adalah 1 guru dan 18 siswa, sedangkan objek penelitiannya adalah model predict observe explain dan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model predict observe explain dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan pembelajaran melalui model predict observe explain dilakukan, nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa hanya 65 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 75 dengan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 84 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model predict observe explain dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada muatan pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas V SD Babussalam Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Predict Observe Explain, Keterampilan Proses Sains
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:18
Last Modified: 06 Feb 2024 07:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77908

Actions (login required)

View Item View Item