Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR GEOGRAFI SISWA DI SMA NEGERI 2 RUMBIOJAYA

RAHMAYATI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR GEOGRAFI SISWA DI SMA NEGERI 2 RUMBIOJAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHMAYATI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rahmayati, 2024 :Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Pemahaman Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Rumbiojaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Rumbiojaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Analisis mengunakan uji deskriptif, uji-t, dan uji effect size. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk pilihan ganda dengan pre-tes dan post-tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap pemahaman belajar geografi siswa pada kelas eksperimen, yaitu ada peningkatan pemahaman belajar siswa pre-tes dan post-tes (38.00-85.00). Dan hasil perhitungan keputusan menunjukkan rentang nilai Eta square 0.20 ≥ 0.14, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tutor sebaya berpengaruh terhadap pemahaman belajar geografi siswa dengan efek sangat besar atau tinggi (Large). Kata kunci : Pemahaman Belajar, Model Pembelajaran Tutor Sebaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:11
Last Modified: 06 Feb 2024 07:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77902

Actions (login required)

View Item View Item