Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMORI PADA KONSEP STRUKTUR ATOM DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI MAN 4 KAMPAR

SHASA MELIANI, - (2024) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMORI PADA KONSEP STRUKTUR ATOM DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI MAN 4 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SHASA MELIANI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Shasa Meliani (2024) : Hubungan antara Kemampuan Memori pada Konsep Struktur Atom dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di MAN 4 Kampar Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan memori siswa dalam mengingat kembali materi yang telah disampaikan, sehingga diduga terdapat hubungan dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kemampuan memori pada konsep struktur atom dengan hasil belajar pada materi ikatan kimia kelas X MAN 4 Kampar. Penelitian ini dilakukan di MAN 4 Kampar pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X2 MAN 4 Kampar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan rumus korelasi pearson moment. Hasil yang diperoleh nilai rhitung = 0,543 dengan nilai sig 2-tailed sebesar 0,000, dan nilai rtabel pada taraf signifikansi 5% adalah 0,316. Nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai rhitung > rtabel sehingga disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan antara kemampuan memori pada konsep struktur atom dengan hasil belajar pada materi ikatan kimia. Berdasarkan analisis hubungan kemampuan memori dengan hasil belajar siswa menggunakan korelasi pearson moment menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan yaitu indeks korelasi sebesar 0,543 dengan interpretasi hubungan dalam kategori sedang. Kata Kunci : Kemampuan Memori, Hasil Belajar, Struktur Atom, Ikatan Kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:11
Last Modified: 31 Jan 2024 07:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77890

Actions (login required)

View Item View Item