Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDE INQUIRY) TERHADAP KOMUNIKASI VERBAL SISWA PADA MATERI KIMIA UNSUR DI KELAS XII MAN 2 KOTA PEKANBARU

AZALIA PURNAMA KARNI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDE INQUIRY) TERHADAP KOMUNIKASI VERBAL SISWA PADA MATERI KIMIA UNSUR DI KELAS XII MAN 2 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AZALIA PURNAMA KARNI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Azalia Purnama Karni (2023) : Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) Terhadap Komunikasi Verbal Siswa Pada Materi Kimia Unsur Di Kelas XII MAN 2 Kota Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi siswa salah satunya siswa cenderung kesulitan untuk mengajukan pendapatnya secara lisan dengan alasan tidak percaya diri dengan pendapatnya sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan komunikasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap komunikasi verbal siswa pada materi kimia unsur di kelas XII MIPA MAN 2 Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental dengan one shot case study. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu kelas XII MIPA5 yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesaar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Sedangkan nilai Thitung sebesar 5,421 yang memiliki nilai lebih besar dibandingkan dengan Ttabel. Dari hasil uji regresi linier tersebut diperoleh hasil R Square 0,503 yang memiliki makna bahwa pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap komunikasi verbal siswa sebesar 50,3%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry), Komunikasi Verbal, Kimia Unsur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:43
Last Modified: 30 Jan 2024 04:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77871

Actions (login required)

View Item View Item