Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMET (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU

RESZKA PITRIATI, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMET (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)

Abstract

RESZKA PITRIATI (2023) : PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMET (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh penerapan model cooperative learning tipe team game tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran geografi di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dan model yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 32 yang berjumlah orang sebagai kelas eksperimen dan X IPS 1 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji Effect Size. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menerapkan model cooperative learning tipe (TGT). Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata Pretest kelas eksperimen sebesar 42,43 dan posttest kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 84,29 maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen sebesar 99% yang berarti peningkatan sangat baik.sedangkan rata-rata nilai pretest kelas kontrol sebesar 46,41 meningkat menjadi 78,75 pada penilaian posttest setelah diterapakn pembelajaran konvensial,dengan persentase kenaikan 70%. Kata Kunci : Team Game Tournamet(TGT), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:41
Last Modified: 30 Jan 2024 04:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77870

Actions (login required)

View Item View Item