Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESULITAN SISWA DENGAN GANGGUAN DISLEKSIA PADA KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS DI MIS AR-RAZZAQ PEKANBARU

Tia Dwi Risani, - (2024) ANALISIS KESULITAN SISWA DENGAN GANGGUAN DISLEKSIA PADA KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS DI MIS AR-RAZZAQ PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FULL TESISI REPOSIOTRY TIA DWI RISANI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan secara umum untuk menganalisis keterampilan membaca dan menulis siswa dengan gangguan disleksia. Penelitian ini dilatarbelakangi atas kurangnya keterampilan literasi bahasa yang meliputi keterampilan membaca dan menulis pada siswa kelas tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini adalah salah seorang siswa kelas IV Marwa MIS Ar-Razzaq Rumbai yang diambil berdasarkan purposive sample. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan participant observation, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan adanya gangguan disleksia pada salah satu siswa di kelas tinggi gangguan disleksia yang menyebabkan rendahnya keterampilan membaca dan menulis, faktor penyebanya ialah faktor psikologis. Karakteristik siswa disleksia ialah memiliki keterampilan membaca dan menulis yang tidak sesuai dengan tingkatan kelasnya, sedangkan jenis disleksia yang dominan muncul pada siswa kelas tinggi adalah pada keterampilan menulis yang meliputi: menulis deret huruf, menyusun kalimat, menulis kalimat. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hasil analisis tersebut maka dilakukannya treatment terhadap siswa disleksia yang mengacu pada metode multisensory siswa diberi perlakuan terhadap keterampilan menulis yang meliputi menulis deret huruf dan menyusun kalimat serta treatment pendekatan sosial. Hasil dari treatment yang dilakukan pada siswa disleksia menunjukkan bahwa adanya perubahan dari level menulis pemula hingga kearah lanjutan serta keterampilan membaca pemula hingga berangsur ke level paragraf. Kata Kunci : Disleksia, Keterampilan Membaca dan Menulis, Literasi Bahasa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:54
Last Modified: 29 Jan 2024 07:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77858

Actions (login required)

View Item View Item