Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMAN 10 PEKANBARU

WENITA SARI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMAN 10 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLTIAN(BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)

Abstract

WENITA SARI (20230 : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMAN 10 PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi ketahanan pangan, industri dan energi di SMAN 10 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan perlakuan model pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test soal dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil uji independent sample t test perbedaan dua rata-rata skor pretest dan posttest dengan memperoleh t hitung > t tabel atau 3.865 > 1,666. Atau 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi ketahanan pangan, industri dan energi di SMAN 10 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2024 10:07
Last Modified: 29 Jan 2024 10:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77851

Actions (login required)

View Item View Item