Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL CASE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 TAPUNG PADA MATERI MINYAK BUMI

WAFIKA RAHMA DIYANTI, - (2024) PENGARUH MODEL CASE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 TAPUNG PADA MATERI MINYAK BUMI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WAFIKA RAHMA DIYANTI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wafika Rahma Diyanti (2023): Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Tapung Pada Materi Minyak Bumi. Keterampilan generik sanis merupakan keterampilan dasar berfikir yang dibutuhkan dalam mempelajari sains. Keterampilan generik sains siswa saat ini tergolong rendah sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Case Based Learning (CBL) terhadap keterampilan generik sains siswa kelas XI pada materi minyak bumi. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 di SMA Negeri 3 Tapung dengan materi pokok Minyak Bumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dimana subjek dalam penelitian ini terdiri 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Hasil penelitian posttest menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,038 < 0.05 sehingga menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, rata-rata N-gain keterampilan generik sains kelas eksperimen sebesar 0,52 dan kelas kontrol sebesar 0,41. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Case Based Learning berpengaruh terhadap keterampilan generik sains siswa kelas XI pada materi minyak bumi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu guru untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa menggunakan model Case Based Learning (CBL) dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Case Based Learning (CBL), Keterampilan Generik Sains, Minyak Bumi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:33
Last Modified: 29 Jan 2024 07:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77845

Actions (login required)

View Item View Item