Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN METODE TASMI’ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ BAITUL QUR’AN (DABO SINGKEP)

WIDIYA, - (2024) PELAKSANAAN METODE TASMI’ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ BAITUL QUR’AN (DABO SINGKEP). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas terkait bagaimana pelaksanaan metode tasmi‟ untuk meningkatkan kualitas hafalan santri Pondok Pesantren Tahfidz Baitul Qur‟an (Dabo Singkep), karna pada dasarnya siapa saja bisa menghafal Al-Qur‟an namun sulit ketika menjaga hafalannya. Di Pondok Pesantren Tahfidz Baitul Qur‟an ini menerapkan Program Mutqin untuk meningkatkan kualitas hafalan santri salah satunya yaitu dengan menggunakan metode tasmi‟. Metode ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode tasmi‟ dalam meningkatkan kualitas hafalan Pondok Pesantren Tahfidz Baitul Qur‟an. Dan faktor apa-apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan metode tasmi dalam meningkatkan kualitas hafalan santri Pondok Pesantren Tahfidz Baitul Qur‟an. Jenis penelitian yang penulis gunakan yaitu bersifat deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan hasil observasi, wawancara serta dokumentasi, dan untuk teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil pada penelitian ini menjelaskan bahwa pelaksanaan metode tasmi‟ dalam meningkatkan kualitas hafalan santri sudah dilaksanakan sejak tahun 2018, pelaksanaan tasmi‟ ini dilakukan seminggu sekali bagi santri yang sudah memiliki hafalan diatas 10 juz, dan satri yang menyimaknya harus santri yang sudah memiliki hafalan yang banyak dan harus ditunjukan oleh guru tahfidznya. Mentasmi‟ juga harus sesuai dengan tahapannya. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode tasmi yaitu faktor pendukung penghambat serta solusinya ialah faktor pendukung metode yang diterapkan, konsisten dalam pengawasan (guru), lingkungan, evaluasi dan penilaian, do‟a dari orang sekitar faktor penghambat individu, malas, tertekan, waktu, banyak salah solusi kembali ke niat awal, istiqomah, motivasi, lingkungan, minta maaf, melawan rasa malas, banyak berdo‟a, banyak istighfar, dan jauhi maksiat. Kata Kunci: Pelaksanaan, Metode Tasmi’, Faktor-Faktor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:29
Last Modified: 29 Jan 2024 07:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77842

Actions (login required)

View Item View Item