Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 PEKANBARU

Dina Juliana Safitri, Dina (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, Uniersitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control design. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling diperoleh 2 kelas yaitu kelas XI IPS dengan jumlah siswa 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI AGAMA dengan jumlah siswa 36 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil post-test pada kelas eksperimen sebesar 78,43 dan hasil post-test pada kelas kontrol sebesar 64,58. Adapun data hasil tes dianalisis menggunakan uji-t. Analisis uji-t penerapan model pembelajaran POE berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pembelajaran ekonomi. Diketahui dengan taraf signifikansi 5% (1,667) diperoleh bahwa thitung > ttabel atau 4,792 > 1,667 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran POE dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di MAN 4 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran POE, Hasil Belajar
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:06
Last Modified: 29 Jan 2024 07:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77827

Actions (login required)

View Item View Item