Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANAJEMEN STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN EDUPRENEURSHIP DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-FARUQI KAMPAR

Inayati Robbani, IR (2024) MANAJEMEN STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN EDUPRENEURSHIP DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-FARUQI KAMPAR. Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
TESIS Revisi inayati fix.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS Revisi inayati fix bab iv.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pengembangan edupreneurship di SMK Al-Faruqi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengeksplorasi manajemen strategis kepala sekolah dalam mewujudkan pengembangan konsep Teacher Factory dan Bussnis center, mellui strategis formulation, strategis, Implementation dan strategis evaluation. Penelitian ini meilhat siapa saja pihak yang terlibat, faktor pendorong dan penghambat manajemen pengembangan edupreneurship di SMK AL Faruqi. Metode penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, siswa, dan pihak terkait lainnya. Pengumpulan data juga dilakukan melalui observasi partisipatif terhadap kegiatan edupreneurship di sekolah. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang strategi, peran pihak terlibat, faktor pendorong, dan penghambat dalam pengembangan edupreneurship. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran kunci dalam merumuskan dan melaksanakan strategi edupreneurship. Strategi tersebut melibatkan perencanaan awal, fokus pada misi sekolah, partisipasi siswa dalam pengembangan ide, dan pemanfaatan media sosial untuk pemasaran. Kegiatan bazar setiap Jumat, pendekatan pembelajaran berbasis praktek, dan keterlibatan alumni juga menjadi bagian integral dari strategi tersebut. Pihak yang terlibat dalam pengembangan edupreneurship, seperti kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, alumni, yayasan, Dudi/Industri, dan masyarakat, memiliki peran unik dalam mendukung program ini. Dukungan ini mencakup aspek finansial, mentorship, serta promosi dan pemasaran produk siswa. Implikasi hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi sekolah-sekolah menengah kejuruan dalam merancang dan meningkatkan program edupreneurship mereka.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:28
Last Modified: 29 Jan 2024 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77821

Actions (login required)

View Item View Item