Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI POSTUR DAN MANUAL HANDLING PEKERJA MENGGUAKAN METODE WORKPLACE ERGONOMIC RISK ASSESSMENT (WERA) DAN OVAKO WORK POSTURE ANALYSIS SYSTEM (OWAS) (STUDI KASUS: PANDAI BESI RONI)

KEMAL FARMIZAN, - EVALUASI POSTUR DAN MANUAL HANDLING PEKERJA MENGGUAKAN METODE WORKPLACE ERGONOMIC RISK ASSESSMENT (WERA) DAN OVAKO WORK POSTURE ANALYSIS SYSTEM (OWAS) (STUDI KASUS: PANDAI BESI RONI). https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/jupel.

[img]
Preview
Text
JURNAL REPOSITORY KEMAL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Unit Pandai Besi Roni merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi alat alat perkakas dari besi atau yang lainnya, yang beralamatkan di Simpang Manga, Kec. Kelayang, Kab. Indragiri Hulu. Aktivitas yang diamati sebanyak 3 aktivitas dari 3 stasiun kerja. Kegiatan produksi masih menggunakan metode tradisional dan terdapat banyak aktivitas material secara manual, sehingga pastinya banyak sekali postur kerja yang tidak ergonomis. Tujuan penelitian dilakukan adalah untuk mengevaluasi postur kerja dan manual handling menggunakan metode Workplace Ergonomic Risk Assesment (WERA) dan Ovako Work Posture Analysis System (OWAS). Berdasarkan hasil penelitian dengan metode WERA, stasiun pembakaran dikategorikan level resiko medium mendekati low, stasiun pembentukan dan finishing dikategorikan level resiko medium mendekati high. Maka dari itu diperlukan metode OWAS agar mempermudah dalam melakukan penelitian lebih lanjut. Sedangkan hasil penelitian dengan metode OWAS, stasiun kerja dengan level risiko medium pada stasiun finishing, stasiun kerja dengan level risiko tinggi pada stasiun pembentukan. Usulan perbaikan yang diberikan adalah me-redesign ukuran meja pada stasiun pembentukan dengan menggunakan shoftware sketchup. Keywords: Ergonomi, Postur Kerja, WERA, OWAS, shoftware sketchu

Item Type: Article
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:38
Last Modified: 06 Feb 2024 03:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77819

Actions (login required)

View Item View Item