Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG

WAHYU RIANDRA, - (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WAHYU RIANDRA.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wahyu Riandra (2023): Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Peluang. Penelitian ini dilakukan berdasarkan kebutuhan dari siswa terhadap contoh LKS yang dapat memfasilitasi pemahaman konsep belajar peluang matematika melalui Pembelajaran Berbasis Masalah mengacu pada Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis pendekatan problem based learning (PBL) yang valid, praktis, dan efektif pada materi peluang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah validator yang berasal dari dosen dan guru serta siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis pendekatan PBL pada materi peluang. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif dengan instrument yang digunakan berupa lembar angket dan soal post-test. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa LKS berbasis pendekatan PBL yang dikembangkan tergolong dalam kriteria sangat valid dengan persentase 88,68%, sangat praktis pada kelompok kecil dengan persentase 87,18%, dan sangat praktis pada kelompok terbatas dengan persentase 90,56%. Selanjutnya, untuk efektivitas LKS diperoleh , yaitu , sehinga diterima ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika dengan pendekatan PBL pada materi peluang ini telah valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Problem Based Learning (PBL), Peluang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2024 05:56
Last Modified: 29 Jan 2024 05:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77802

Actions (login required)

View Item View Item