Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI SANTRI TERHADAP PRAKTIK MEMBACA SURAT YASIN SELAMA PELAKSANAAN UJIAN DI PONDOK PESANTREN DAREL HIKMAH PEKANBARU (Living Qur’an)

BERKAH MUHAMMAD YUSUF, - (2024) PERSEPSI SANTRI TERHADAP PRAKTIK MEMBACA SURAT YASIN SELAMA PELAKSANAAN UJIAN DI PONDOK PESANTREN DAREL HIKMAH PEKANBARU (Living Qur’an). Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

BERKAH MUHAMMAD YUSUF (2023) : PERSEPSI SANTRI TERHADAP PRAKTIK MEMBACA SURAT YASIN SELAMA PELAKSANAAN UJIAN DI PONDOK PESANTREN DAREL HIKMAH PEKANBARU (Living Qur’an) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya praktik membaca Surat Yasin di Pondok Pesantren yang mengharapkan fadhilah dari pembacaan itu, salah satunya adalah pembacaan Surat Yasin di Pondok Pesantren Darel Hikmah. Rumusan Masalah: (1) Bagaimana praktik pelaksanaan pembacaan Surat Yasin, dan (2) Bagaimana persepsi santri terhadap praktik pembacaan Surat Yasin. Penelitian ini termasuk kedalam jenis field research yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnologi. Data penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deduktif dan induktif. Hasil penelitian : (1) Praktik pembacaan Surat Yasin di Pondok Pesantren Darel Hikmah: Proses kegiatan pembacaan Surat Yasin dilaksanakan dengan cara dibaca bersama-sama secara berjama‟ah yang dipimpin oleh pengurus yang telah dipilih. Pelaksanaannya dilakukan di masjid Pondok Pesantren Darel Hikmah kemudian disambung dengan pembacaan Surat Yasin secara berjama‟ah dan diakhiri dengan pembacaan shalawat-shalawat yang dikhususkan atas Nabi Muhammad SAW., dan (2) Persepsi santri terhadap praktik pembacaan Surat Yasin di Pondok Pesantren Darel Hikmah: Dalam pelaksanaan pembacaan Surat Yasin ini santri mempersepsikan bahwa Surat Yasin sebagai penegasan Allah terhadap kerasulan Nabi Muhammad SAW., Surat Yasin memiliki fadhilah yaitu sebagai perantara terkabulnya do‟a dan untuk memperlancar suatu hajat, dan membaca Surat Yasin memiliki banyak manfaat, dan membaca Surat Yasin merupakan bentuk ikhtiar santri dalam mempersiapkan diri dalam menjalankan ujian madrasah. Kata kunci: Persepsi, Praktik, Surat Yasin, Studi Living al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:55
Last Modified: 29 Jan 2024 03:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77795

Actions (login required)

View Item View Item