Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Problem Based Learning dan Model Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Kota Pekanbaru

Ade Mustika Andari, - (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning dan Model Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Kota Pekanbaru. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
TESIS ADE MUSTIKA ANDARI-85-134.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS ADE MUSTIKA ANDARI_removed.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ade Mustika Andari, (2023): Pengaruh Model Problem Based Learning dan Model Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran PBL dan CPS dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, menganalisis ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran PBL dan CPS dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari sistem sekolah, dan juga menganalisis ada atau tidaknya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan sistem sekolah, kemudian menganalisis ada atau tidaknya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan jenis kelamin siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SD dan MI di Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah posttest-only group design dengan rancangan faktorial 2x3. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di MIN 3 Pekanbaru dan SDN 138 Pekanbaru dengan sampel tiga kelas di tiap sekolah. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian hipotesis pertama dapat dirumuskan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran PBL dan siswa yang mengikuti pembelajaran CPS dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, begitupun hasil hipotesis kedua jika ditinjau dari sistem sekolah. Kesimpulan hipotesis ketiga yaitu terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan sistem sekolah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, selanjutnya kesimpulan hipotesis keempat yaitu tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan jenis kelamin siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SD dan MI di Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Creative Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:01
Last Modified: 29 Jan 2024 07:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77788

Actions (login required)

View Item View Item