Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK CINEMATHERAPY DALAM MENCEGAH TOXIC FRIENDSHIP PADA REMAJA DI PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA (PKBI) DAERAH RIAU

Riska Cahyani, - (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK CINEMATHERAPY DALAM MENCEGAH TOXIC FRIENDSHIP PADA REMAJA DI PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA (PKBI) DAERAH RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAS SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Toxic friendship merupakan hal yang sulit dicegah oleh para remaja karena remaja merasa tidak sadar dan sulit menjauhi lingkungan tersebut yang disebabkan oleh banyak hal. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik cinematherapy dilakukan dengan cara merefleksikan sebuah film dan memanfaatkan dinamika kelompok dengan tujuan agar remaja bisa lebih waspada terhadap toxic friendship yang ada disekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik cinematherapy dalam upaya mencegah adanya toxic friendship pada remaja di Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Riau. Total sampel pada penelitian ini adalah 10 orang dengan teknik startified random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif pre-experiment dengan desain one group pretest-posttest dan pengolahan data dibantu dengan SPSS (Statistical Product and Service Solution) 23.0 for windows. Setelah memperoleh data, peneliti menggunakan uji wilcoxon dengan hasil asymp sig.(2-tailed) yakni 0.005 yang artinya < 0.05 maka hasilnya adalah Ha diterima, H0 ditolak dengan persentase penurunan indikasi toxic friendship sebesar 40,7%. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini terdapat efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik cinematherapy untuk mencegah toxic friendship pada remaja di Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Riau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:50
Last Modified: 29 Jan 2024 06:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77785

Actions (login required)

View Item View Item