Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE MIM-MEM DENGAN PERMAINAN “KOMUNIKATA CEPAT” UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PESANTREN TEKNOLOGI RIAU

RIFQUN NASHAHI, - (2024) PENGARUH METODE MIM-MEM DENGAN PERMAINAN “KOMUNIKATA CEPAT” UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PESANTREN TEKNOLOGI RIAU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS RIFQUN NASHAHI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rifqun Nashahi, (2024): Pengaruh Metode Mim-Mem Dengan Permainan “Komunikata Cepat” Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Siswa Di Madrasah Tsanawiyah pesantren teknologi riau Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Metode Mim-Mem Dengan Permainan “Komunikata Cepat” Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Siswa Di Madrasah Tsanawiyah pesantren teknologi riau. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Metode Mim-Mem dengan dengan permainan “komunikata cepat” berpengaruh untuk meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa arab siswa Madrasah Tsanawiyah pesantren teknologi riau?”. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu dimulai dari rancangan langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah pesantren teknologi riau tahun ajaran 2023/2024, dengan sampel siswa kelas 2A dan 2B Madrasah Tsanawiyah pesantren teknologi riau. Subjek penelitian adalah siawa dan guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah pesantren teknologi riau. Objek penelitian ini adalah pengaruh Penggunaan Metode Mim-Mem Dengan Permainan “Komunikata Cepat” Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Siswa Di Madrasah Tsanawiyah pesantren teknologi riau. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus t-test, diperoleh nilai thitung= 4.85 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 1%= 2,72 dan taraf signifikan 5%= 2.03. Sehingga hipotesis nol H0 ditolak dan hipotesis alternatif Ha diterima, Begitu juga pada tabel observasi, metode mim-mem mendapatkan nilai 93% dengan arti bagus sekali (Jayyid Jiddan) karena terletak pada taraf signifikan 86% - 100%. Dengan data data tersebut, maka metode mim-mem dengan permainan komunikata cepat dinyatakan berpengaruh untuk meningkatkan penguasaan mufradat siswa di Madrasah Tsanawiyah Ummatan Wasathan Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru. Kata Kunci : Metode Mim-Mem, permainan “komunikata cepat”, mufrodat Arab.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 29 Jan 2024 05:51
Last Modified: 29 Jan 2024 05:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77784

Actions (login required)

View Item View Item