Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation dan Model Ekspositori Terhadap Keterampilan Menulis Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darel Al-Hikmah Pekanbaru.

RIADOH, - (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation dan Model Ekspositori Terhadap Keterampilan Menulis Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darel Al-Hikmah Pekanbaru. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Riadoh (2024): Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation dan Model Ekspositori Terhadap Keterampilan Menulis Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Darel Al-Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan keterampilan menulis siswa yang belajar dengan model Group Investigation dan siswa yang belajar dengan model ekspositori, 2) Pengaruh interaksi antara model pembelajaran Group Investigation dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis siswa, 3) Perbedaan keterampilan menulis dengan menggunakan model Group Investigation dan ekspositori siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, 4) Perbedaan keterampilan menulis dengan menggunakan model Group Investigation dan ekspositori siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eskperimen dengan menggunakan desain treatment by level 2x2. Cara menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik multi stage random sampelling. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darel Al-Hikmah Pekanbaru, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A sebagai sebagai kelas eksperimen dan V B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis varians dua jalur (ANAVA 2x2) pada taraf α=0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan keterampilan menulis siswa yang belajar dengan model Group Investigation dan siswa yang belajar dengan model ekspositori. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai sig. 0.03 pada taraf α=0.05, 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Group Investigation dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai sig. 0.00 pada α= 0.05, 3) Terdapat perbedaan keterampilan menulis dengan menggunakan model Group Investigation dan ekspositori siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai sig. 0.00 pada α=0.05, 4) Terdapat perbedaan keterampilan menulis dengan menggunakan model Group Investigation dan ekspositori siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai sig. 0.01 pada taraf α=0.05. Kata Kunci: Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Menulis

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:23
Last Modified: 29 Jan 2024 07:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77780

Actions (login required)

View Item View Item