Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

NURHABIBAH, - (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
repository uin suska irua.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Perbedaan hasil belajar IPS siswa yang belajar dengan model problem based learning (PBL) dan direct instruction (DI), Perbedaan hasil belajar IPS dengan model PBL dan DI siswa berkemampuan berpikir kreatif tinggi, Perbedaan hasil belajar IPS dengan model PBL dan DI siswa berkemampuan berpikir kreatif rendah, pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini dilakukan di SD IT Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eskperimen desain faktorial sederhana 2x2. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas V A sebagai sebagai kelas eksperimen dan V B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians dua jalur (ANAVA 2x2) pada taraf signifikansi á = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang belajar dengan model PBL dan DI dibuktikan dengan nilai sig. 0.01<0.05, Terdapat perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan model PBL dan DI siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi terbukti dengan nilai sig. 0.006<0.05. Terdapat perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan model PBL dan DI siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah terbukti dengan nilai sig. 0.006<0.05Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar IPS. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai sig. 0.000<0.05. Kata Kunci: PBL, DI, Hasil belajar, Kemampuan Berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:17
Last Modified: 29 Jan 2024 07:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77772

Actions (login required)

View Item View Item