Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME)TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONCEPT SISWA MADRASAH TSANAWIYAH

WIRDATUL HASANAH, - (2024) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME)TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONCEPT SISWA MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WIRDATUL HASANAH.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wirdatul Hasanah, (2024) : Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Concept Siswa MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan koneksi matematis ditinjau dari self concept siswa MTs. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, metode quasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII PPDN-TB tahun ajaran 2023/2034. Sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B kelas eksperimen dan kelas VIII C kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes kemampuan koneksi metematis, lembar angket self concept, serta lembar observasi aktivitas. Sedangkan analisis data menggunakan uji-t dan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) jika ditinjau dari self concept, terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang menerapkan pendekatan pemebelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional 3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan self concept terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran realistic mathematic education (RME), Kemampuan Koneksi Matematis , Self Concept

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:04
Last Modified: 29 Jan 2024 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77771

Actions (login required)

View Item View Item