Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAM MINAT BELAJAR SISWA

RIKA RAHIM, - (2024) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAM MINAT BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIKA RAHIM.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rika Rahim, (2024): Pengaruh Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Minat Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitiannya yaitu Factorial Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII SMPN 42 Pekanbaru. Teknik sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Adapun sampel penelitiannya adalah Kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 7 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, angket, observasi, sedangkan instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis siswa, angket minat belajar, dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan minat belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran realistic mathematic education (RME), Kemampuan Komunikasi Matematis, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:56
Last Modified: 29 Jan 2024 06:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77768

Actions (login required)

View Item View Item