Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA OLAHRAGA MASMUR PEKANBARU

M. LUKMAN HAKIM, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA OLAHRAGA MASMUR PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali(bab iv).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
file hasil penenlitan (bab iv).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)

Abstract

M. LUKMAN HAKIM (2023) : PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA OLAHRAGA MASMUR PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran examples non examples terhadap motivasi belajar siswa pada mata pembelajaran Geografi di SMA Olahraga Masmur Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Olahraga Masmur yang terdiri dari 2 kelas. Penelitian sampel dilakukan secara total sampling dengan siswa kelas XI IPS 1 untuk kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran examples non eaxamples dan kemudian kelas XI IPS 2 untuk kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensiaonal. Pengumpulan data dilakukan dengan pre test dan post test motivasi belajar siswa, memasukan angket, dilengkapi lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik Parametrik, dengan uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran examples non examples pada kelas eksperimen memberikan peningkatan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi. Rata-rata peningkatan motivasi belajar siswa ( pre test dan post test ) pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan perbandingan sebesar 26,72% dan 20,35%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Example Non Example, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jan 2024 14:15
Last Modified: 26 Jan 2024 14:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77744

Actions (login required)

View Item View Item