Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa

Hayatul Hidayah, - (2024) Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL (revisi 1).pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hayatul Hidayah, (2024): Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan koneksi matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain factorial eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX UPT. SMPN 1 Tambang tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.2 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes kemampuan koneksi matematis, lembar angket resiliensi matematis, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran RME dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran lansung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memiliki resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan resiliensi matematis terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa pendekatan pembelajaran RME dapat berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran RME, Kemampuan Koneksi Matematis, Resiliensi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jan 2024 09:20
Last Modified: 26 Jan 2024 09:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77737

Actions (login required)

View Item View Item