Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMP UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPMATEMATIS SISWA

DESY MAYANG SARI, - (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMP UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPMATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DESY MAYANG SARI.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Desy Mayang Sari (2024) : Pengembangan LKPD Berbasis Learning Cycle 7E Pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMP untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan pada penelitian ini adalah ADDIE. Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD berbasis Learning Cycle 7E yang memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi relasi dan fungsi yang memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis. Uji coba lapangan dilaksanakan di SMPN 46 Pekanbaru. Subjek penelitian ialah para ahli dosen, guru dan siswa kelas VIII, objek penelitian ini adalah LKPD berbasis Learning Cycle 7E untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi relasi dan fungsi. Teknik data berupa angket dan soal posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis data efektifitas. Berdasarkan uji valitidas keseluruhan, LKPD berbasis Learning Cycle 7E dinyatakan sangat valid dengan rata-rata kevalidan 84% ; LKPD berbasis Learning Cycle 7E dinyatakan sangat praktis dengan persentase 91.38%; dan analisis efektifitas LKPD berbasis Learning Cycle 7E diperoleh data penilaian hasil belajar.Analisis ini menggunakan uji Mann Whitney U dengan hasil dan . Karena > maka ditolak dan diterima, sehingga terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas ekperimen. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini memenuhi kriteria sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif. Kata Kunci : LKPD, Learning Cycle 7E, Relasi dan Fungsi, Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jan 2024 04:03
Last Modified: 26 Jan 2024 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77727

Actions (login required)

View Item View Item