Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERMAINAN MEMANCING HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ABJAD PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NICCO AZZAHRA KIDS KOTA PEKANBARU

NUR ATIKA, - (2024) PENGARUH PERMAINAN MEMANCING HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ABJAD PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NICCO AZZAHRA KIDS KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)

Abstract

NUR ATIKA (2023) : PENGARUH PERMAINAN MEMANCING HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ABJAD PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NICCO AZZAHRA KIDS KOTA PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan memancing huruf terhadap kemampuan mengenal abjad pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Nicco Azzahra Kids Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain One Group PretestPosttest Design. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak didik di TK Nicco Azzahra Kids Kota Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah pengaruh permainan memancing huruf terhadap kemampuan mengenal abjad pada anak usia 4-5 tahun di TK Nicco Azzahra Kids Kota Pekanbaru. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik di TK Nicco Azzahra Kids Kota Pekanbaru yang berjumlah 25 anak didik (A1 Mawar yang terdiri dari 15 anak didik dan A2 Melati yang terdiri dari 10 anak didik). Sampel penelitian ini mengambil dari kelas A1 Mawar yang berjumlah 15 anak didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test dengan bantuan program SPSS Windows ver.23. Hasil analisis data dari hitungan uji Paired sample T-Test, maka nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima yakni ada pengaruh yang signifikan antara permainan memancing huruf terhadap kemampuan mengenal abjad pada anak dengan hasil yang di dapat dari rumus gain sebesar 84,8% berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis data pada kelas eksperimen diperoleh bahwa thitung = 2,739 dan ttabel = 2,178 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan memancing huruf terhadap kemampuan mengenal abjad pada anak usia 4-5 tahun di TK Nicco Azzahra Kids Kota Pekanbaru. Kata Kunci : Permainan Memancing Huruf, Kemampuan Mengenal Abjad

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:08
Last Modified: 26 Jan 2024 01:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77709

Actions (login required)

View Item View Item