Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

ANGGRIYANI WIDIA NINGRUM, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANGGRIYANI WIDIA NINGRUM.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anggriyani Widia Ningrum, (2024): Pengaruh Model Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran MURDER dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMP Negeri 11 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan desain The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes, angket, dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis, angket kemandirian belajar, dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran MURDER dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar yang tinggi, sedang dan rendah, 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran MURDER dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran MURDER berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMP Negeri 11 Pekanbaru. Kata Kunci: MURDER, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:27
Last Modified: 26 Jan 2024 02:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77690

Actions (login required)

View Item View Item