Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV 006 POMPA AIR KABUPATEN PELALAWAN

Maisa Nurmakhtum, - (2024) PENERAPAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV 006 POMPA AIR KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menerapkan strategi Critical Incident sebagai pendekatan inovatif dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV di SDN 006 Pompa Air, Kabupaten Pelalawan. Metode penelitian ini tindakan kelas dengan menggunakan siklus perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SDN 006 Pompa Air yang memiliki kendala dalam menulis puisi. Data dikumpulkan melalui Observasi, dan analisis hasil menulis puisi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis rubrik analisis keterampilan menulis puisi dengan pesentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Critical Incident efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Penggunaan kejadian-kejadian kritis dari kehidupan sehari-hari sebagai titik fokus dalam pembelajaran puisi dapat merangsang imajinasi siswa dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap unsur-unsur puisi seperti rima, irama, dan metafora. Selain itu, pendekatan ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam mengekspresikan ide-ide mereka melalui tulisan puisi. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran menulis puisi di tingkat SD, khususnya dengan memanfaatkan strategi Critical Incident. Disarankan agar pendekatan ini dapat diadopsi dalam konteks pembelajaran menulis puisi di sekolah-sekolah lain sebagai alternatif yang inovatif dan menarik. Pada siklus I hasil nilai rata-rata keterampilan menulis puisi adalah 77,5 % atau tergolong “baik”. Pada siklkus II hasil nilai rata-rata keterampilan menulis puisi adalah 87, 5% atau tergolong sangat baik. Jadi, keterampilan menulis puisi berhasil meningkat pada siklus ke II dengan nilai 87, 5% atau tergolong sangat baik. Kata Kunci : Strategi Critical Incident, Keterampilan Menulis Puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:25
Last Modified: 26 Jan 2024 02:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/77688

Actions (login required)

View Item View Item